Bitcoin Naik Lagi, Stablecoin Baru Segera Diblokir

Bitcoin, Stablecoin Airdop Blockchain


Bitcoin BTC untuk mengatasi kekhawatiran pada minggu lalu dan meski sempat diperdagangkan di atas harga $72.000 pada hari senin lalu, kini telah menunjukan bahwa kenaikan tersebut masih jauh dari kata selesai menjelang Halving pada akhir bulan ini.

Pada Minggu lalu, VanEck dan Ripple Labs telah mengumumkan penawaran stablecoin terbaru, selain itu di New York telah menyatakan Terraform Labs dan penciptanya, Do Kwon bertanggung jawab atas semua tuduhan penipuan perdata.

Bitcoin Naik Lagi, Ditutup Dengan  Harga $73,000

Bagi Investor Bitcoin, ini adalah perjalan yang sangat luar biasa. Dimana mata uang kripto kini turun dalam sebulan terakhir setelah melonjaknya harga lebih dari $73,000, dimana pada level tertinggi sepanjang masa berdirinya Bitcoin.

Pada saat ini, Bitcoin telah di perdagangkan pada level yang sudah terlihat pada awal minggu lalu. Tapi kini, setelah menurunnya harga hingga diperdagangkan di bawah $65,000, Bitcoin harus segera bangkit kembali sebelum semua market kembali menguat dan berakhir di zona hijau pada minggu lalu.

Menurut Farside Investors, Meskipun dana yang telah diperdagangkan di bursa Bitcoin Spot ETF telah mengalami arus keluar yang sangat besar sebesar $85,7 juta pada hari awal di bulan tersebut. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh arus keluar lebih dari $300 juta dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Namun pada akhir minggu, arus masuk ETF justru mengalami peningkatan sebesar $484,5 juta.

Harga Bitcoin kini telah meningkat baru-baru ini karena adanya momen Halving berikutnya kenaikan harga bitcoin diperkirakan akan terjadi dalam waktu kurang dari dua minggu. Beberapa laporan baru-baru ini telah menunjukkan bahwa dinamika penawaran dan permintaan Bitcoin Spot ETF sangat dapat mempengaruhi dampak Halving terhadap harga Bitcoin.

Selain itu, selama kuartal pertama pada tahun ini, penerbit stablecoin terbesar dan sangat terpopuler di dunia, Tether (UST), telah menambahkan 8,888 Bitcoin ke dalam cadangan mereka, yang mana pada saat ini bernilai kurang lebih sekitar $640 juta. Perusahaan memiliki alamat Bitcoin senilai lebih dari $5 Miliar, dan menjadikan mereka sebagai terbesar ketujuh di jaringan blockchain.

VanEck dan Ripple Berpartisipasi dalam Penawaran Stablecoin Baru

Berbicara tentang stablecoin, dalam kurun waktu dekat, mungkin akan segera ada beberapa penawaran terbaru.

Perusahaan Fintech Agora telah mengumpulkan $12 juta sebelum meluncurkan stablecoin yang menawarkan dolar digital dengan nama Agora (AUSD) dengan di dukung cadangan yang telah dikelola oleh VanEck.

>

Terlepas dari fakta bahwa VanEck telah mengoperasikan EFT Bitcoin yang dikenal sebagai VanEck Bitcoin Trust (HODL), penawaran terbaru ini memperluas fokus pada mata uang kripto. Agora sendiri memanfaatkan keahlian investasi dari VanEck dan ikatan keluarga untuk produk ini. Bahkan putra dari CEO VanEck Jan van Eck adlah Nick van Eck, pendiri dari Agora.

Tujuan dari Ripple Labs, perusahaan yang mengembangkan token XRP (XRPUSD), adalah untuk meningkatkan kolaborasi antara mata uang kripto dan sistem keuangan konvensional melalui pengembangan pasar stablecoin dengan mata uang digital yang didukung dolar AS. Program ini bertujuan untuk meningkatkan likuiditas dan mendorong adopsi Buku Besar XRP, terutama untuk aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Aset seperti surat utang negara jangka pendek dan cadangan dolar AS akan mendukung penawaran stablecoin Ripple, dan pada saat peluncurannya, akan tersedia di Ethereum.

Diputuskan Bahwa Do Kwon dan Terraform Labs Bertanggung Jawab atas Penipuan

Juri di New York mengambil waktu dua jam untuk memutuskan bahwa Terraform Labs dan pendirinya, Do Kwon, bersalah atas penipuan investor dalam gugatan perdata yang diajukan oleh SEC.

Ketika ekosistem Terra senilai $40 miliar runtuh pada Mei 2022, perusahaan dan Kwon didakwa oleh SEC karena memberikan jaminan palsu tentang keandalan algoritmik stablecoin UST mereka.

Terraform Labs dan Kwon telah memberikan investor gambaran yang terlalu optimis tentang mekanisme stabilitas UST dan fungsi blockchain Terra, terutama stabilitas harga yang secara tidak sengaja didukung oleh perusahaan perdagangan yang tidak disebutkan nama dan berbasis di AS, menurut litigasi SEC.

Ini adalah hasil signifikan kedua dari kasus hukum yang dibawa oleh penipuan mata uang kripto dalam beberapa minggu terakhir. Pada 28 Maret, Sam Bankman-Fried, mantan CEO FTX dan salah satu tokoh favorit gelembung pasar kripto, dijatuhi hukuman 25 tahun penjara atas tuduhan pidana terkait penipuan.

Pasar yang Diharapkan Minggu Ini

Meskipun Presiden menunjukkan kenaikan harga Bitcoin setelah halving, itu tidak menjamin kinerjanya saat ini. Tetapi ada satu hal yang jelas. Meskipun ada peluang keuntungan seiring berjalannya waktu, investor harus meningkatkan keamanan mereka dan bersiap menghadapi ketidakpastian dalam jangka pendek.

Untuk mengetahui perasaan pasar tentang harga di masa depan, investor menggunakan volatilitas tersirat. Menurut penelitian Kaiko, ukuran untuk opsi bitcoin dengan tanggal kedaluwarsa yang berbeda meningkat dibandingkan awal minggu sebelumnya.

Analis di Kaiko menulis dalam catatan pada hari Senin bahwa volatilitas tersirat untuk "kedaluwarsa dalam dua minggu ke depan telah meningkat paling besar, dari 59% menjadi 71% hanya dalam dua hari. Hal ini menunjukkan bahwa ekspektasi terhadap volatilitas jangka pendek meningkat."

Karena penjualan yang terkait dengan proses kebangkrutan Genesis akan segera berakhir, analis pasar Crypto James Seyffart memperkirakan bahwa arus keluar dari GBTC akan melambat minggu ini.

 Eric Balchunas, analis ETF Bloomberg lainnya, mengatakan bahwa arus masuk ETF bitcoin spot sejauh ini paling tinggi selama bulan Maret, dan minggu pertama April tidak menunjukkan bahwa arus masuk ini akan berhenti dalam waktu dekat.

Selain itu, bitcoin senilai lebih dari $2 miliar yang terkait dengan peretasan pasar darknet Silk Road yang sudah lama tidak berfungsi, yang dikirim oleh pemerintah AS ke Coinbase (COIN), memiliki dampak potensial pada pasar minggu ini.

Meskipun tidak jelas apa yang akan terjadi dengan dana ini, ada kemungkinan bahwa dana tersebut akan meningkatkan harga jika koin tersebut dijual.

Previous Post Next Post